Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Pendidikan Ekonomi PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI

Skripsi Pendidikan Ekonomi PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN PERUSAHAAN DAN BADAN USAHA . Dibawah ini dibahas mengenai tujuan penelitian, lokasi penelitian, subjek penelitian dan masih banyak lagi yang ada dalam skripsi ini.

Setiap mahasiswa memiliki pengalamannya sendiri-sendiri dalam mengerjakan skripsi. Ada yang molor skripsinya karena tidak tahu kemana cari referensi. Kalau saya, langsung saya cari ke sumber terpercaya skripsimsword.com , paket pasti dikirim, skripsinya bagus-bagus, jumlahnya banyak, file sudah bentuk ms word, tinggal copy paste saja kan ... lebih cepat, anti galau deh ... Ini saran saja ya ... beli saja di skripsimsword.com, dari pada pusing-pusing cari referensi. Oke ... kita lanjut lagi ke skripsi ...


Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran ekonomi pokok bahasan Perusahaan dan Badan Usaha di kelas VII SMP dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP

Lokasi Penelitian
Lokasi Penelitian dan Karakteristik Subjek Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di SMP kelas VII D yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 24 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Pengambilan subjek penelitian didasarkan dari hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VII D SMP di mana proses belajar siswa kelas VII D belum optimal, ditandai dengan banyak siswa yang pasif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajarannya masih didominasi oleh guru, guru cenderung lebih banyak ceramah dalam menyampaikan materinya.

Subyek Penelitian
1. Siswa
Siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Randudongkal, yang terdiri dari 40 siswa yang diteliti hasil belajarnya melalui pembelajaran berbasis masalah. Peneliti memilih kelas VII D dikarenakan pada siswa kelas VII D siswanya kurang aktif dalam proses belajar mengajar, ketuntasan belajar siswa kelas VII D lebih rendah dibandingkan kelas VII lainnya.


2. Guru
Guru yang dalam hal ini adalah peneliti yang melakukan pembelajaran ekonomi di SMP Negeri 4 Randudongkal, yang diteliti adalah cara guru dalam melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

3. Pengamat
Pengamat dalam hal ini adalah guru mata pelajaran ekonomi yang mengamati berlangsungnya proses pembelajaran.

Rancangan Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Proses penelitiannya direncanakan terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua kali tatap muka dan siklus kedua terdiri dari satu tatap muka, masingmasing kegiatan tatap muka adalah dua jam pelajaran.

Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai pengajar yang berkolaborasi dengan melibatkan guru mata pelajaran untuk bersama-sama melakukan penelitian. Dalam penelitian ini tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.

Demikian tadi uraian mengenai beberapa sub bab yang diterangkan dalam Skripsi Pendidikan Ekonomi PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN PERUSAHAAN DAN BADAN USAHA ini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar